Menguji Kevaliditasan Soal

Seorang Guru sudah semestinya mempunyai keahlian untuk mengadakan evaluasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana perkembangan perserta didiknya.

Salah satu komponen terpenting yang menentukan hasil dari pelaksanaan evaluasi adalah kualitas alat evaluasi yang digunakan. Baik digunakan dalam proses penelitian yang menggunakan metode kuantitatif maupun evaluasi dalam proses bukan dalam bentuk penelitian.

Alat evaluasi yang digunakan dalam proses-proses yang disebutkan di atas (termasuk instrumen tes) dapat disebut berkualitas apabila memenuhi beberapa kriteria, antara lain:

  1. Validitas
  2. Reliabilitas,
  3. Objektivitas dan Kepraktisan

Namun yang akan kita bahas disini adalah bagaimana cara menguji kevaliditasan soal yang kita gunakan agar kita tahu bahwa soal itu layak untuk diberikan kepada siswa atau tidak.

Validitas
Validitas memiliki pengertian valid, sahih, atau tepat. Suatu alat evaluasi dikatakan valid (sahih) jika alat evaluasi tersebut mampu mengevaluasi apa yang seharusnya dievaluasi. Atau, dengan kata lain alat evaluasi (instrumen) tersebut memiliki tingkat kevalidan apabila memiliki ketepatan dalam melakukan evaluasi.Sebagai Mahasiswa jurusan Ilmu Pendidikan dan Keguruan tak kan asing lagi dengan istilah validitas bukan…

Disini akan saya berikan sebuah contoh bagaimana cara menguji kevaliditasan soal, yaitu:

Klik saja Uji Validitas Soal

Silakan dicoba…

🙂

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s